Tips Memilih Menu Catering Pernikahan

Tips memilih menu catering pernikahan biar hemat – Menu hidangan makanan untuk resepsi pernikahan biasanya cenderung menjadi topik yang harus dipertimbangkan secara matang dan banyak sekali orang yang menyisihkan banyak sekali anggaran mereka ke dalam menu resepsi pernikahan.

Oleh karena itu, sebelum memilih menu apa saja yang sebaiknya di gunakan dalam acara pernikahan, alangkah baiknya untuk menyiapkan seberapa besar budget yang telah disiapkan untuk menu makan.

Sebenarnya untuk tips memilih menu catering pernikahan yang tepat tidak bergitu susah, untuk menemukan vendor cetring pernikahan yang tepat.

Oleh karena itu, kami Catering Amanah Sidoarjo Surabaya hadir untuk menyelasaikan kekhawatiran Anda. Jika Anda berada di daerah Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya kami menyediakan paket hemat untuk catering pernikahan dengan menu yang bervariasi.

Meskipun Anda telah menemukan vendor yang tepat, Anda tetap harus disiplin dalam proses dengan memperhatikan tips tips memilih menu catering pernikahan sebagai berikut.

Trik dan Tips Memilih Menu Catering Pernikahan Hemat dan Sesuai Selera

1. Tentukan Anggaran dan Siapkan Budget

Kita telah mengetahui bahwa sajian makanan untuk pernikahan merupakan bagian yang terpenting dan sering kali menyita banyak anggaran, maka untuk itu perlu dilakukan kedisiplinan dan menentukannya sejak awal.

Jangan sampai overbudget dan akan membebani kalian setelah acara selesai. Meskipun pernikahan merupakan peristiwa yang paling istimewa yang hanya terjadi seumur hidup.

Anda pasti akan melakukan yang terbaik meskipun tidak meilhat dari segi anggaran, apapun akan dilakukan agar terlihat mewah.

Jika Anda yang memiliki budget yang lebih-lebih, ya tidak apa-apa. Tapi jangan sampai dilakukan jika budget Anda pas-pasan.

Apalagi kalau sampai ngutang, bikin puyeng.

Harga menu makanan yang mahal tidak akan menjamin suksesnya pesta pernikahan, maka yang perlu Anda tekankan adalah menghidangkan menu catering hemat bukan mahal tapi bercitarasa dan berkualitas.

Kalau Anda khawatir, dan bertanya-tanya apakah ada vendor atau catering yang menyediakan harga murah tapi berkualitas? tenang saja pasti ADA, bahkan banyak sekali vendor atau catering yang sudah menyiapkan menu-menu paket hemat.

Vendor atau cetering murah berkualitas ini biasanya tidak pernah Anda temukan di event wedding expo atau di dalam list rekanan gedung gedung mewah. Sebab untuk hal tersebut membutuhkan banyak biaya sehingga harga yang ditawarkanpun mahal.

2. Tentukan Tema Pernikahan

Menentukan tema pernikahan termasuk penting agar dapat memilih menu makanan yang dipilih. Sebagai contohnya jika Anda memiih tema yang bernuansa Jawa, maka sebisa mungkin hadirkan menu yang bernuansa Jawa juga.

Untuk memilih tema pernikahan bisa menggunakan salah satu tips ini, yakni menentukan terlebih dahulu para tamu undangan yang hadir.

Apabila tamu undangan yang hadir banyak yang sudah sepuh, atau berumur maka Anda jangan memilih konsep standing party dan menghidangkan menu yang ribet.

3. Pilih Menu yang Fleksibel atau Pilih Menu Daerah

Jika Anda benar-benar ingin berhemat, menu western jangan sampai Anda masukkan. Sebagai gantinya masih ada menu makanan tradisional yang bisa menjadi opsi.

Menu makanan daerah seperti soto, rendang, dll masih menjadi primadona di setiap acara pernikahan, beberapa diantaranya lebih fleksibel dan bisa masuk ke dalam berbagai tema.

4. Siapkan Menu Yang Beragam

Menyiapkan kombinasi menu yang beragam dan bervariasi merupakan cara yang tepat, agar tamu tidak bosan dan bisa memilih menu makan sesuai selera mereka.

Sebagai contoh jangan menyediakan makanan yang pedas secara keseluruhan, tapi kombinasikan menu makanan yang gurih, asin dan manis.

Contohnya menu ayam rica-rica maka kombinasi yang cocok lainnya ialah menu daging teriyaki yang manis.

5. Sajikan Menu Halal

Jangan lupa untuk selalu menyajikan makanan halal, terutama jika tema pernikahanmu bersifat nasional dan tamu undangan yang datang bersifat umum.

Kecuali jika Anda memang merencanakan pesta pernikahan tradisional dan tamu undangan bisa memakan makanan non-halal, seperti contoh resepsi adat Batak Toba dan banyak tamu yang datang orang Batak juga.

6. Tambahan Dessert atau Stall

Jangan lupa untuk menyertakan dessert atau stall, agar tidak hanya makanan utama saja yang disajikan. Untuk menambah semarak sajikan menu dessert seperti es krim, es puter atau aneka jajanan ringan lainnya.

Prinsip menyajikan dessert tidah harus semua kebagian. Sebagai contoh untuk jumlah tamu 1000 orang maka sajikan siomay 150, zuppa soup 200, sallad 200 dan sebagainnya.

Ada juga yang menyediakan menu jajanan ringan yang beragam seperti telur gulung, arbanat, leker, dan jajanan ringan lainnya.

Cara ini digunakan sebagian besar orang untuk menekan biaya pengeluaran pada menu makanan sajian utama.

7. Pesan Makanan Sesuai Jumlah Tamu Undangan

Apabila tidak ingin overbudget maka Anda harus benar-benar memperhatikan dengan betul jumlah tamu undangan yang akan hadir nantinya.

Menentukan banyaknya porsi menu makanan bisa berpatokan dengan jumah tamu yang akan di undang nantinya.

Sebagai contoh, apabila mengundang 500 tamu, setidaknya memesan prasmanan dengan porsi 1000 atau bisa mengurangi menu prasmanan utama dengan memperbanyak menu kombinasi makanan ringan atau dessert.

Tidak perlu berlebihan, sesuaikan dengan budget kalian dan juga kemampuan anggaran Anda.

8. Tentukan dengan Bijak dan Adil

Sekali lagi pikirkan secara bijak dan adil, menu anda harus sesuai dengan kombinasi dari tema pernikahan dan juga tamu undangan yang hadir.

Apabila mengadakan pesta pernikahan yang santai di luar ruangan, kalian mungkin akan mempertimbangkan makanan seperti BBQ, salad kentang dll.

Maka untuk itu dibutuhkan pernikahan yang elegan dan pertimbangkan makanan yang dapat dimakan dengan garpu dan pisau.

Apabila tamu kalian merupakan networker, maka gunakanlah kombinasi menu makanan yang cocok dengan gaya mereka.

9. Pilih Vendor Catering dan Jadwalkan Pencicipan Makanan

Setelah menetapkan menu apa saja yang akan dihidangkan, langkah selanjutnya ialah memilih vendor catering.

Setelah menentukan vendor catering yang cocok dengan Anda, maka selanjutnya jangan lupa untuk menjadwalkan pecicipan makanan.

Pastikan kalian melakukannya dengan baik, agar tidak ada rasa penyesalan di akhir nanti. Jangan takut bertanya dan jangan sungkan untuk memberikan masukan agar apa yang kalian inginkan benar-benar tersampaikan dengan baik oleh pihak catering.

Nah itulah beberapa 9 Tips memilih menu catering pernikahan yang cocok dan pastinya sesuai dengan budget Anda. Untuk pernikahan menu resepsi rumah ataupun di gedung pada prinsipnya sebenarrnya sama saja.

Yang terpenting jangan sampai overbudget dan meninggikan gengsi semata.

Jika Anda berada di wilayah Surabaya dan Sidoarjo, belum menemukan vendor yang cocok kami menyediakan Catering Prasmanan Pernikahan sesuai kebutuhan Anda

Tinggalkan komentar