Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang – Pisang merupakan buah yang memiliki cita rasa manis dan sering dijadikan olahan dessert, namun ada juga olahan kreasi makanan tradisional berbahan dasar pisang yang lezat.

Selain cita rasa yang manis, buah pisang banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya diantaranya daapat menurunkan resiko kanker, menurunkan tekanan darah, asma, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Oleh sebab itu, banyak sekali berbagai olahan makanan yang menggunakan bahan dasar pisang, terutama makanan tradisional.

Berikut kumpulan makanan tradisional berbahan dasar pisang yang lezat dan mudah untuk dibuat.

Pisang Epe

See the source image

Pisang epe merupakan makanan tradisional berbahan dasar pisang yang sangat unik dan mudah untuk ditemui di Makassar, jajanan ini menjadi salah satu jajanan favorit.

Pisang Epe menggunakan jenis pisang raja yang masih belum terlalu masak dan tidak lembek.

Cara memasak pisang epe dilakukan dengan cara mempress pisang sampai gepeng dan memanggang pisang di atas bara api.

Setelah di panggang, kemudian pisang disajikan dengan gula merah yang sudah di cairkan.

Hingga kini banyak juga yang mensajikan pisang epe dengan berbagai macam topping pengganti gula merah, seperti rasa coklat, keju serta durian.

Untuk membuat pisang epe hanya perlu waktu 15 menit, diawali dengan mengupas pisang jenis pisang raja, jika jenis pisang tersebut tidak ada bisa digantikan dengan jenis pisang kepok.

Setelah itu panggang pisang sampai kecokelatan dan pisang bertekstur kering di atas bara api dengan diolesi mentega.

Taburi sedikit gula pasir, hingga permukaan pisang mengkilap dan gula meleleh, lalu angkat pisang yang sudah di panggang.

Kemudian membuat saos gula merah, dengan cara merebus gula merah hingga mencair, kemudian tuang saos gula merah diatas pisang yang telang di panggang.

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang Nagasari

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang

Salah satu makanan tradisional berbahan dasar pisang asal Jepara yang sangat menggoda selera, yakni nagasari.

Biasanya, kue nagasari terbuat dari bahan utama pisang dengan dilapisi campuran tepung sagu, beras, santan dan gula, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Kue ini biasanya disajikan saat acara-acara keluarga atau acara hajatan.

Nagasari memiliki tekstur yang lembut dan manis, sangat cocok dimakan sebagai sajian penutup.

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang Mata Roda

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang

Mata roda merupakan salah satu makanan tradisional berbahan dasar pisang khas yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Jajanan ini memilki bahan dasar pisang yang dilapisi dengan adonan singkong parut.

Mata roda memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki cita rasa yang gurih dan manis, bentuknya mirip seperti es pisang ijo, namun yang membedakan hanya pada tambahan serbutan kelapa parut yang segar.

Untuk membuat mata roda, yang pertama kukus kelapa parut secukupnya, setelah itu beri sedikit garam kemudian aduk sampai rata dan sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya buat adonan dengan mencampurkan 1 kilogram singkong yang sudah di parut dan 7 sendok teh kan gula pasir, 1 bungkus agar-agar bubuk putih, 1 bungkus santan instan dan sedikit garam.

Setelah itu jadikan adonan menjadi 2 bagian, kemudian tuang pewarna merah untuk salah satu adonan, dan warna hijau untuk adonan satunya.

Setelah tercampur dengan pewarna, letakkan adonan warna merah terlebih dahulu kemudian ditumpuk warna hijau ke dalam daun pisang kemudian masukkan pisang diatasnya, lalu gulung dan padatkan adonan yang telah di bungkus pada daun pisang.

Setelah itu masukkan ke dalam panci, untuk dikukus selama kurang lebih 35 menit. Setelah matang, keluarkan adonan dari daun pisang, kemudian potong potong dan taburi dengan kelapa, Kue mata roda siap untuk disantap.

Pisang Rai

See the source image

Pisang rai merupakan makanan camilan khas Bali yang menggunakan bahan utama pisang raja atau pisang ambon yang memiliki cita rasa yang nikmat.

Pisang rai terbuat dari pisang yang dicupkan dalam adonan tepung beras kemudian di masak dengan cara direbus dan ditaburi dengan parutan kelapa.

Pisang rai sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional Bali, namun jika ingin membuatnya sendir, yang diperlukan hanya beberapa bahan dan proses pembuatan yang mudah.

Dimulai dari memotong pisang menjadi beberapa bagian dan membalut pisang dengan adonan yang berisi tepung beras, tepung tapioca dan santan.

Pisang rai dapat dimasak dengan dua pilihan, yaitu dapat direbus atau dikukus. Pisang yang sudah tercelup di adonan, segera masukkan ke dalam panci yang telah diisi air mendidih, jika pisang sudah mengapung barulah diangkat dan tiriskan.

Sedangkan jika dikukus maka bagian bawahnya harus diberi alas, agar adonan tidak lepas dari pisang tersebut. Biasanya dapat menggunakan daun pisang sebagai alasnya.

Sebagai pelengkap tambahkan dengan kelapa parut yang telah dikukus. Beberapa daerah di Bali, pisang rai disajikan dengan kinca gula merah dan adonan yang diluar diberi dengan pewarna hijau dari daun pandan atau bisa juga dengan daun suji agar warnanya terlihat lebih bagus.

 Amparan Tatak Pisang

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang

Amparan tatak pisang merupakan makanan tradisional berbahan dasar pisang yang berasal dari Kalimantan Selatan, tepatnya daerah Banjarmasin. Amparan tatak memiliki tetkstur yang lembut dan memiiki rasa manis dan gurih.

Kue ini terbuat dengan adonan tepung beras yang dicampur dengan santan kental serta gula dan vanili bubuk lalu dikukus, untuk adonan kedua dibutuhkan tepung beras, tepung sagu, gula pasir dan garam, lalu diaduk secara rata sambil menambahkan santan hangat sedikit demi sedikit.

.Kemudian tambahkan pisang dan aduk hingga rata. Selanjutnya olesi minyak pada loyang cetakan yang berbentuk kotak dan jangan lupa alasi dengan plastic, tuangkan adonan secara perlahan, lalu kukus sampai 30 menit dengan api sedang.

Selanjutnya setelah matang ¾, lanjutkan dengan menuang bahan yang pertama diatas lapisan pertama, kemudian kukus lagi selama 30 menit dan tunggu sampai matang, lalu sajikan dengan potongan-potongan kotak.

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang Sale

See the source image

Sale merupakan salah satu makanan tradisional berbahan dasar pisang khas Jawa Tengah yang memilki cita rasa manis yang khas. Olahan sale ada yang kering dan basah, untuk sale kering memiliki tekstur yang renyah dan manis.

Cara membuat sale sangat sederhana, yang pertama-tama siapkan pisang, untuk jenis pisang dapat menggunakan jenis pisang ambon, pisang raja ataupun pisang kepok.

Potong pisang tipis-tipis menjadi 4 bagian, kemudian jemur selama 2 hari. Setelah itu campurkan 10 sendok makan tepung beras, garam secukupnya, 1 bungkus vanili serta air secukupnya.

Setelah itu masukkan pisang ke dalam adonan, setelah itu goreng pisang sampai berwarna kecoklatan. Nah itulah cara membuat sale versi krispy.

Untuk versi basah, tidak perlu membuat adonan. Hanya saja pisang di oven sampai 4 kali dalam 4 hari selama 30 menit, dan sale basah siap dinikmati.

Barongko

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang

Barongko merupakan makanan tradisional berbahan dasar pisang khas Makasar yang memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang manis.

Barongko terbuat dari pisang, santan dan telur, cara pembuatannya pun cukup sederhana pertama-pertama campurkan 4 buah pisang jenis kepok kuning yang telah dihaluskan dengan 100 gram gula pasir, 1 sendok teh vanili bubuk, 1 sendok teh garam.

Setelah itu bungkus ke dalam daun pisang dan beri 10 sendok makan santan, lalu kukus selama 10 menit sampai matang. Barongko siap untuk disajikan.

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang Carang Gesing

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang

Carang gesing merupakan salah satu makanan tradisional berbahan dasar pisang khas Solo yang memiliki rasa manis dan legit di lidah.

Cara membuatnya yang pertama potong 10 pisang kepok menjadi beberapa bagian kemudian tambahkan 5 sendok makan tepung beras, ¼ keeping gula merah yang sudah dihaluskan, 1 sachet vanili, ¼ sendok teh garam dan 1 butir telur.

Setelah itu aduk sambil menuangkan santan secara perlahan, setelah tercampur rata. Bungkus adonan ke dalam daun pisang dan kukus selama kurang lebih 30 hingga 40 menit, kemudian angkat dan siap untuk dinikmati.

Pisang Plenet

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang

Pisang planet merupakan makanan tradisional berbahan dasar pisang yang sangat legendaris di Semarang, Jawa Tengah.

Untuk cara membuatnya cukup mudah, dengan cara memasak pisang kepok dengan mentega, setelah kecoklatan penyet pisang dan masak lagi sampai kecokelatan.

Setelah itu tinggal diberi topping parutan keju, susu kental manis serta meses sesuai selera.

Pisang Molen

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang

Pisang melon merupakan salah satu camilan makanan tradisional berbahan dasar pisang yang dilapisi dengan gulungan adonan pastry.

Pisang molen sangat cocok dimakan saat hangat dengan segelas teh hangat atau kopi. Cara pembuatannya sangat mudah, yang pertama siapkan bahan 2 buah pisang tanduk, 225 gram tepung terigu, 50 gram gula halus, 60 gram margarin, satu setengah sendok makan tepung maizena, 1 butir telur, 15 ml air dan seperempat sendok the garam.

Untuk membuat kulit molen, pertama-tama campurkan margarin, telur serta gula halus dan kocok sampai tercampur rata. Kemudian campurkan garam, tepung maizena, air dan tepung terigu sambil diayak, lalu aduk hingga rata.

Setelah itu, masukkan adonan ke dalam gilingan mi, giling 2 sampai 3 kali, dan potong adonan sepanjang 50 cm dengan ketebalan satu setengah cm.

Untuk isian, kukus pisang dengan kulitnya setelah itu kupas dan belah menjadi 2 bagian yang memanjang.

Setelah itu lilitkan 1 lembar adonan ke pisang hingga rapat, kemudian rekatkan dengan air.

Setelah itu goreng adonan pisang molen yang sudah terbentuk sampai matang dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Setelah itu Pisang molen siap untuk disantap.

Es Palu Butung

Makanan Tradisional Berbahan Dasar Pisang

Es palu butung merupakan olahan es pisang dan tepung beras yang memiliki cita rasa yang segar, gurih dan manis yang sangat terkenal di Makassar.

Untuk membuat es palu butung dibutuhkan bahan yang sederhana dan mudah dibuat, dengan cara yang pertama siapkan 4 lembar daun pandan, 20 pisang raja, 2,5 liter santan, 250 gram gula pasir, sirup merah, 150 gram tepung beras, 2 sendok the garam dan es batu serut.

Cara pembuatannya yang pertama kukus pisang serta kulitnya selama setengah jam sampai matang, kemudian buang kulit pisang dan potong pisang menjadi beberapa bagian.

Kemudian campurkan daun pandan, tepung beras, garam, santan dan gula pasir dan aduk hingga merata.

Setelah bahan tercampur, kemudian masak adonan hingga menggelembung.

Selanjutnya, masukkan pisang dan adonan tepung beras yang sudah matang ke dalam mangkok, setelah itu campurkan santan dan beri sedikit sirup merah diatasnya dan jangan lupa tambahkan es serut.

Baca juga menu makanan tradisional hewani yang mudah untuk dicoba

Nah itu dia beberapa kumpulan makanan tradisional berbahan dasar pisang yang wajib untuk dicoba.

Tinggalkan komentar