Makanan Ringan Khas Daerah

Makanan Ringan Khas Daerah Tidak hanya kekayaan alam dan budayanya saja. Indonesia memiliki berbagai jenis makanan dan jajanan yang beragam dari daerah-daerah di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas ras yang berbeda dan tentunya lezat untuk makanan dan jajanan.

Rekomendasi makanan ringan khas daerah

Makanan Ringan Khas Daerah Klepon

Makanan Ringan Khas Daerah

Si bola hijau yang nikmat dan kenyal ini terbuat dari tepung beras ketan yang diisi dengan bola merah, sedangkan warna hijaunya didapat dari daun pandan. Saat klepon sudah matang lalu dimasukkan ke dalam parutan kelapa sehingga klepon terlihat berbalut dengan parutan kelapa. 

Ledakan manis yang dihasilkan dari lelehan gula merah di dalam klepon akan memenuhi rongga mulut saat dimakan.

Biasanya klepon yang dijual di pasar akan dibungkus dengan daun pisang hijau. Klepon memang makanan untuk semua kalangan, bahkan saat di hotel bintang kamu masih bisa memesan klepon.

Kue Lumpur

makanan ringan khas daerah kue lumpur

Makanan ringan khas daerah yang pertama konon katanya bangsa Portugis yang membawanya ke Indonesia dengan nama Pasteis de nata dimana dibuat dari bahan custard, susu, dan keju. 

Sedangkan bahan membuat kue lumpur dari Indonesia dengan santan, kentang, tepung terigu dan telur. Untuk penambahan rasanya menggunakan vanila dan topping kismis diatasnya.

Kue Lumpur memang cocok buat temen ngobrol bersama orang-orang spesial, karena rasa manis dan tekstur lembut yang dihasilkan, tidak akan ada yang bisa menolak pesonanya. 

Lupis

kue lapis makanan ringan khas daerah

Lupis cocok buat kamu yang ingin sarapan tapi tidak ada waktu lama, karena kue lupis cukup mengenyangkan. Berasal dari bahan beras ketan, lapis memiliki cita rasa manis. Dimakan saat masih hangat ditemani dengan teh hangat, perpaduan yang sempurna untuk sarapan pagi sebelum berangkat ke kantor.

Onde-onde

onde onde

Makanan ringan khas dari salah satu daerah di Indonesia. Khas dengan isian kacang hijau yang manis di dalamnya menjadikan onde-onde banyak digemari dari segala kalangan. Bahannya dari adonan tepung ketan dengan isian pasta kacang hijau. 

Tak jarang juga onde-onde memiliki versi warna, biasanya diberi warna pada bagian permukaan. Onde-onde akan terasa lebih nikmat saat masih hangat.

Serabi

serabi makanan khas daerah

Surabi memiliki arti menikah dalam bahasa jawa. Surabi memiliki beberapa varian rasa, manis dan asin. Rasa yang dihasilkan dari tungku api saat proses memasak serabi memang khas. Menjadikan bagian bawah serabi bertekstur renyah, dan atasnya putih.

Serabi yang memiliki rasa asin biasanya diberi topping parutan kelapa, dan yang manis dibuat sedikit lebih kecil lalu diberi kuah kinca. Makanan ringan khas daerah Solo pernah dipandang rendahan.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mencoba mencampurkan bahan untuk dijadikan toping serabi. Hal itu berefek menjadikan serabi kembali memiliki banyak peminat.

Kue Cucur

Kue Cucur

Kue cucur yang empuk dan padat berisi ini menjadi makanan ringan khas daerah yang selanjutnya akan dibahas. Nama kue cucur berasal dari bahasa Betawi yang “ngocor”, karena saat membuatnya dengan jumlah adonan yang banyak dan diatas loyang. 

Kue ini memang terlihat tidak menggiurkan tapi percayalah kue ini sangat enak, jika sekali memakannya pasti tidak akan pernah bisa berhenti. 

Gethuk

gethuk khas daerah

Gethuk makanan ringan khas daerah yang terbuat dari singkong yang melambangkan kesederhanaan. Pertama singkong dikukus lalu kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk atau digiling bersama gula.

Cara membuat gethuk pun beragam ada yang seperti mie yang memanjang lalu dipotong-potong kotak-kotak. Ada juga yang membuatnya menjadi kotak persegi saja. 

Seiring berjalannya waktu gethuk sudah berevolusi, olahan gethuk sudah bermacam-macam. Gethuk yang paling populer dan disukai banyak masyarakat Indonesia adalah gethuk lindri. 

Putu Mayang

putu mayang

Putu Mayang adalah salah satu makanan ringan khas daerah Betawi yang terbuat dari tepung kanji atau tepung beras yang diberi pewarna makanan dan dibentuk menjadi seperti mie, lalu dicampur dengan santan kelapa, serta disajikan bersama gula jawa cair.

Putu Mayang memiliki tekstur lembut serta kenyal, perpaduan antara gurih dan manis akan berpadu di mulut saat memakannya. Kue ini akan dihidangkan pada acara-acara perayaan seperti pernikahan atau acara adat.

Lepat

ketan lepat

Lepat terbuat dari tepung ketan dan gula merah yang diaduk hingga kalis, kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Pada bagian tengah berisi kelapa parut yang digoreng bersama gula merah.

Lepat dapat bertahan sangat lama sampai beberapa bulan setelah dimasak tanpa membusuk. Sebelum memakannya lepat harus dibakar untuk mendapatkan tekstur renyah buak keras.

Kue Pancong

kue pancong

Kue pancong ini hampir mirip dengan kue pukis, yang membedakannya adalah bentuknya yang lebih pipih dari pada kue pukis. Kue pancong memiliki rasa yang gurih serta tekstur yang lembut didalam tapi renyah pada bagian luar. 

Terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan dipanggang diatas tungku.Biasanya kue pancong akan  dihidangkan dengan keadaan masih hangat karena rasanya akan berbeda jika sudah dingin, tapi akan tetap sama enaknya ditambah dengan taburan gula sebagai topping untuk mengimbangi rasa gurih pada kue pancong.

Dodol

dodol

Makanan ringan ini memiliki banyak nama saat berbeda daerah, di daerah Jawa Tengah dan Timur disebut dengan jenang. Dodol akan disebut lempok jika terbuat dari buah durian, namun bahan dasar dodol sendiri terbuat dari santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah dan sedikit garam. 

Kadang juga ditambah dengan buah-buahan. Proses untuk membuat dodok tidak sebentar dan sangat melelahkan, membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 7 jam dan harus terus diaduk

Saat menuju matang maka proses mengaduk dodol akan semakin berat, itu yang membuat tekstur dodok menjadi padat, tapi meski begitu proses pembuatan dodol sangat menyenangkan. 

Dari proses membuatnya yang penuh perjuangan menjadi dodol sangat enak, karena proses tidak akan pernah menghianati hasil. Dodol memiliki banyak sekali peminat.

Pempek

Resep Dan Cara Membuat Pempek Sederhana ( Bonus 5 Tips )

Pempek maknan ringa khas daerah Plembang ini terbuat dari bahan ikan yang dicampur dengan kanji, serta bahan lainnya adalah telur, bawang putih yang sudah dihaluskan, penyedap rasa, dan sedikit garam.

Pempek palembang memang sangat terkenal. kita tidak perlu jauh-jauh ke Palembang untuk mencicipinya. Pempek sudah banyak dijual di restoran bahkan sampai pedagang pinggir jalan.

Pempek biasanya disajikan bersama dengan kuah cuka hitam memiliki rasa asam manis dan pedas. perpaduan rasa cuka dan bumbu penambahnya bercampur dengan hangatnya pepek yang kenyal.

Makanan Ringan Khas Daerah Amplang 

Makanan Ringan Khas Daerah

Makanan ringan khas daerah Samarinda, terbuat dari ikan dan tepung. Kerupuk amplang tidak amis meski berbahan dasar ikan, justru memiliki rasa gurih dan renyah.

Amplang juga disebut dengan kuku macan, karena bentuknya yang menyerupai kuku dari macan. Cocok untuk dimakan bersama nasi atau hanya untuk cemilan saja.

Makanan Ringan Khas Daerah Sagu Lempeng

Makanan Ringan Khas Daerah

Dari tepung sagu yang dibakar dalam cetakan yang bernama forna terbuat dari batu atau tanah liat mengakibatnya lempeng sagu yang padat menjadi berwarna coklat. Untuk membuatnya, tepung sagu harus diayak sebanyak 2 kali untuk mendapatkan sagu yang benar-benar halus. 

Karena sagu memiliki rasa yang tawar, orang di Papua biasa menyebut lempeng sagu dengan sebutan roti tawar. Tekstur yang keras saat memakan sagu lempeng ini dengan dicelupkan ke dalam teh hangat atau kopi, supaya mendapatkan tekstur yang lebih lunak.

Makanan Ringan Khas Daerah Pie Susu

Makanan Ringan Khas Daerah

Jajanan khas pulau Dewata, Bali ini memang memiliki banyak penggemar, tekstur renyah pada bagian kulit pie dan lembut pada bagian isian yang berisi susu. Oleh-oleh khas Bali yang harus dibeli.

Makanan Ringan Khas Daerah Geblek

Makanan Ringan Khas Daerah

makanan ringan khas daerah Yogyakarta yang terbuat dari bahan tepung tapioka dan bumbu bawang yang digoreng gurih. Makanan ini berbentuk ulat putih bersih, bisa dinikmati dengan saus tambahan.

Makanan Ringan Khas Daerah Panada

Makanan Ringan Khas Daerah

Panada adalah roti goreng khas Manado, Sulawesi Utara. Roti goreng ini berbeda dengan roti goreng biasanya, panada berisi ikan laut cakalang. Ikan cakalang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe dan bawang dan ikannya disuir kecil-kecil.

Panada memang mirip dengan pastel, tapi mereka berbeda. panada merupakan sejenis pastry yang hanya digoreng saja. Sedangkan pastel memiliki varian yang lebih beragam, seperti basah dan kering.

Lemper

Makanan Ringan Khas Daerah

Sudah tidak asing lagi dengan makanan lemper bukan? jajanan khas daerah yang diberi isian abon atau daging ayam cincang dan dibungkus daun pisang. Sebelumnya rendam ketan lalu masak seperti memasak nasi, setelah matang selimuti dengan daun pisang di beri isian abon atau daging cincang.

Makanan ini menjadi favorit masyarakat Indonesia, sering dihadirkan pada nasi box. Tapi juga bisa ditemui di pasar tradisional jika ingin mencicipinya.

Makanan Ringan Khas Daerah Carabikang

Makanan Ringan Khas Daerah

Kue carabikang memiliki tekstur yang lembut dan berserat, serta bentuknya yang seperti bunga mawar yang mekar warna warni. Kue manis ini berbahan dasar tepung terigu, tepung beras dan gula yang diuleni.

tips untuk membuat carabikang. meski sudah menggunakan tepung beras tapi jangan lupa untuk tetap menggunakan tepung terigu supaya kue tidak keras. Menuangkan santan sedikit demi sedikit pada mencampur adonan dan pastikan cetakan benar-benar panas.

Makanan Ringan Khas Daerah Nagasari

Makanan Ringan Khas Daerah

Nagasari atau bisa disebut kue pisang. makanan ringan khas daerah Indramayu, bahan baku utamanya adalah tepung beras dengan isian pisang didalamnya.  Rasa nagasari yang manis cocok untuk hampir semua lidah orang Indonesia.

Karena dibungkus dengan daun pisang atau dan pandan menjadikan nagasari memiliki aroma yang khas. Kalian bisa menemukan kue nagasari ini di acara–acara besar seperti, acara adat sebagai pelengkap, upacara keagamaan, pernikahan dan sejenisnya.

Nagasari terdiri dari dua kata “Naga” yang merupakan hewan legenda dari China yang kuat kerap menjadi lambang dari jiwa yang terhormat, sedangkan “sari” yang memiliki arti dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah isi utama suatu benda.

Jika arti dari kalimat nagasari sendiri adalah menjadi isi utama dalam sebuah legenda yang terhormat. Sekilas memang mirip dengan lemper, tapi nagasari dan lemper berbeda. 

Baca juga macam-macam makanan fermentasi khas indonesia

Indonesia memang memiliki banyak ragam makanan ringan khas daerah yang harus dicoba. Itu tadi adalah beberapa rekomendasi dari aku buat kamu yang suka kuliner. Untuk menu yang lain kunjungi web kami untuk info menarik yang lain. Sampai jumpa dan terima kasih sudah berkunjung 🙂  

Tinggalkan komentar