Kumpulan Makanan Khas Sulawesi Utara yang Wajib di Coba

Makanan khas Sulawesi utara – makanan khas Sulawesi utara banyak ragamnya. Di balik tujuan dan pemandangan laut Sulawesi utara adalah berbagai masakan yang terkenal.

Jika Anda berkunjung ke daerah ini, jangan lewatkan mencicipi makanan khas Sulawesi Utara.

Ada berbagai macam masakan di Indonesia. Ada beberapa makanan khusus favorit beberapa orang. Tidak mengherankan, Sulawesi Utara telah menjadi salah satu tujuan kuliner penting di Indonesia. Makanan khas wilayah Sulawesi utara juga dikenal dengan bumbu dan rasanya yang pedas.

Berikut beberapa makanan khas Sulawesi Utara yang bisa anda coba.

Bubur dan Nasi Khas Sulawesi Utara

  1. Tinutuan (bubur manado)

    Makanan Khas Sulawesi Utara

Menurut bahasa setempat, tinutuan berasal dari ‘tutu’, yang berarti nasi atau bubur. Sesuai dengan namanya, hidangan ini berasal dari kota Manado.

Tinutuan memiliki komposisi berbagai isian sayuran. Ini adalah bubur olahan umum yang menyediakan berbagai macam topping seperti kangkung, singkong, bayam, kemangi.

Di Manado, tinutuan bisa disajikan bersama sambal roa, dabu-dabu, atau ikan cakalang. Tinutuan brenebon yang dicampur bersama sup isian kacang merah. Tinutuan yang dicampur dengan brenebon ini kadang juga ditambah tetelan sapi.

Itulah sebabnya membuat tinutan makanan yang sehat mendapatkan popularitas besar di kalangan massa. Anda dapat menemukan hidangan ini hampir di mana-mana.

Hal ini karena bubur manado yang satu ini sudah menjadi tradisi memasak secara turun-menurun di daerah tersebut. Jl. Wakeke sangat banyak menyediakan makanan khas bubur ini di Sulawesi Utara.

  1. Nasi jaha

Makanan Khas Sulawesi Utara

Salah satu hidangan yang berkomposisi dari nasi bentuknya seperti lontong di Jawa, di Sulawesi Utara dinamakan Nasi Jaha atau bisa juga dinamakan nasi jahe.

Bentuknya sebenarnya mirip seperti lemang. Bahan yang terkandung yakni perpaduan ketan, santan dan beras. Nasi jaha tersebut diolah dan dimasukkan ke dalam bambu berlapis daun pisang dan selanjutnya dibakar pada bara api.

Nasi jaha sering dihidangkan dengan cara dipotong dengan ukuran 8 hingga 10 cm dan disantap dengan makanan khas lainnya.

Kemudian, nasi dipanggang sampai benar-benar matang. Nasi kaya akan rempah-rempah, jadi Anda harus mencobanya karena rasanya enak. Jangan sampai tidak membawa oleh – oleh khas Sulawesi Utara satu ini jika berpergian.

Selain itu, nasi jaha merupakan ole-ole wajib selain dodol setiap acara penting seperti halnya sebuah acara perayaan pengucapan syukur.

 

Makanan khas daerah Sulawesi Utara Olahan Ikan

 

  1. Mie Cakalang

Makanan Khas Sulawesi Utara

Pesanan selanjutnya adalah mie cakalang, hidangan khas Sulawesi Utara. Sesuai namanya, hidangan ini merupakan mi kuah yang dicampur dengan ikan cakalang yang begitu berasa.

Bahan yang digunakan terdiri dari cekalang, mi kuning, caisin, kubis, cabai, daun bawang, bawang merah dan putih.

Mie cakalang ini biasanya disajikan menggunakan kaldu transparan yang ditaburi sedikit merica untuk melengkapi rasanya. Agar lebih nikmat, ia diberi tambahan lombok ijo dan lombok merah.

Untuk makanan khusus ini, ada dua pilihan: mie cakalang goreng dan mie cakalang kuah.

Mie cakalang dapat ditemukan di tiap sudut kota di manado dengan harta terjangkau.

 

  1. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

Menurut bahasa setempat, ‘fufu’ berarti asap. Jadi cakalang fufu terbuat dari ikan jenis cakalang/tongkol yang disematkan atau di asap pada bambu dan kemudian dibumbui dengan rempah-rempah. Jika Anda pernah ke Sulawesi utara, Anda mungkin akrab dengan makanannya. Banyak orang mengenal cakalang sebagai ikan tongkol, tetapi mereka tahu itu karena ukurannya yang lebih besar.

Proses pembuatannya pun terbilang cukup lama. Sebab ikan cakalang yang sudah dibersihkan, dibelah dua dan dijepit oleh kerangka penjepit bumbu ini harus melalui proses pengasaapan dengan panas api dan asap selama 4 jam, kemudian pendinginan selama 2 jam.

Rasanya begitu khas, bisa disajikan dengan nasi atau dabu-dabu (sambal khas Minahasa). Selain itu, daging ikan cakalang juga bisa ditambah dengan mie, cabai, rica-rica dan juga selada kentang.

Cakalang fufu juga cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Sulawesi Utara sebab tahan lama.

Makanan khas daerah Sulawesi Utara makanan unik

 

  1. Dabu-dabu

makanan khas sulawesi utara

Dabu dabu dalah jenis sambal khas Sulawesi utara, yang biasa ditemukan dengan ikan atau bubur manado. Makanan khas di Sulawesi utara adalah sambal, yang memiliki rasa yang sangat pedas. Ia adalah sambal khas sualwesi utara yang berisi cabai merah, tomat, bawang merah, dan cabai rawit. Bila anda pecinta pedas, pasti anda akan menyukai dabu-dabu ini.

 

Agar rasanya lebih nendang ia juga ditambah kemangi, garam serta jeruk nipis pada sentuhan akhirnya. Dabu dabu sendiri juga ada berbagai macam loh, ada yang dabu dabu bakar, dabu dabu lemong dan juga dabu dabu lilang membuat makanan menjadi bertambah lezat.

 

  1. Sate Kolombi

 

Sate kolombi merupakan salah satu makanan khas sulawesiutara yang berasal dari daging kolombi dan memiliki cita rasa yang pedas karena memang disesuaikan dengan selera kebanyakan masyarakat yang ada di sulawesi utara yang gemardengan masakan pedas.

Sate kolombi adalah hidangan unik yang tidak boleh dilewatkan di bagian utara Sulawesi. Sate kolombi biasanya disajikan dengan sambal kacang atau campuran ikan.

Bagi anda penyuka makanan pedas, makan jangan lewatkan untuk mencoba kuliner sate kolombi tersebut. Di daerah boulevard tondano ada banyak sekali yang menyediakan sate kolombia di Sulawesi Utara.

 

Makanan khas daerah Sulawesi Utara olahan sayuran

1. Pangi

[Pangi] adalah daun cluwak yang diolah dengan berbagai rempah-rempah dan berbagai rempah-rempah. Makanan khas Sulawesi utara ini sering disajikan di pesta pernikahan, acara keagamaan hingga akhir hari.

Sesuai namanya, hidangan ini terbuat dari bahan utama daun pangi, yang sangat populer di Manado.

Biasanya  bumbu yang dipakai untuk olahan ini seperti kemangi, biji pala, jahe, cabai hijau, daun bawang dan masih banyak lagi.

Setelah mencampur seluruh bumbu kemudian pangi harus dibakar sampai matang.

Masyarakat manado biasanya memasak memasak sayur daun pangi dengan campuran daging, lemak, dan darah babi. Namun, daging babi bisa diganti dengan ikan, sapi atau ayam.

 

  1. Brenebon

Brenebon adalah masakan berupa sup kacang merah khas sulawesi utara, khusunya daerah minahasa. Yang terbuat dari kacang merah serta aneka sayuran yang dimasukakan ke dalam kuah kaldu.

Makanan ini, terbuat dari kacang merah, populer karena rasanya yang enak dan bergizi.

Hidangan sup ini terbuat dari kacang merah dan sayuran, yang disajikan dalam kaldu dengan rempah-rempah seperti bawang dan bawang putih dalam kaldu. Garam, gula, merica, pala, bahkan cengkeh.

Sup brenebon dengan bahan kacang merah mempunyai cita rasa cukup manis yang cenderung legit . Mungkin berbeda lagi dengan sup brenebon yang memakai daging sebagai bahan dasarnya, rasanya terasa asin dan lebih gurih khas kaldu daging pada umumnya.

 

Saat berada di daerah tersebut dan menyukai berkuah, maka brenebon bisa kamu cicipi. Penduduk setempat biasanya menyajikan hidangan Brebonne ini sebagai makanan penutup.

 

Makanan khas daerah sulawesi utara makanan ringan

  1. Klappertart

Klappertaart, khususnya, telah menjadi ikon wilayah Sulawesi di utara Manado dan hidangan khas nusantara.

Clappertat berasal dari clapper yang berarti kelapa, sedangkan tart adalah kue. Jadi secara linguistik, clafertat berarti kue kelapa.

Untuk memasak kue ini biasanya masyarakat setempat menggunakan dua cara yakni dengan dipanggang dan tidak dipanggang.Kue khas manado klappertaart, terkenal sebagai kue dengan rasanya yang unik.

Kue tersebut adalah telur yang terbuat dari santan mentega dan tepung dan kelapa.

Rasa kecanduan semua orang yang mencobanya dan membuat mereka ingin terus mencoba. Saat ini, kue Clappertart ini adalah ikon kuliner kota Manado yang sangat terkenal.

  1. Panada

makanan khas sulawesi utara

Panada adalah camilan mana khas berupa roti yang diisi dengan ikan cakalang. Bahan dasar yang digunakan adalah tepung protein tinggi, telur, gula, ragi, garam.

Dari luar, kue ini hampir seperti kue pastel. Itu hanya bagian lain dari potongan itu.

Biasanya untuk kue  pastel berisi abon dan sayuran maka untuk kue panada ini berisi suwiran ikan cakalang.

Kue ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh karena memiliki cita rasa yang lezat dan unik. Jadi, jangan sampai kamu melewatkannya ya!

 

Makanan khas daerah Sulawesi utara yang terkenal

 

  1. Dodol amurang

Camilan spesial lainnya di Sulawesi Utara adalah Dodol Amuran yang harus kamu bawa pulang saat liburan. Seperti halnya garut, sulawesi, Dodol dodol Amurang dengan nama Dodol Amurang. camilan ini biasanya dibungkus dengan kertas dan dibuat menjadi ukuran kecil.

Untuk bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan dodol amur ini, seperti gula arem, kelapa murni, beras ketan dan masih banyakpelengkap tambahan lainnya.

Mencampur semua bahan ini dan memasaknya dalam gosong tidak di bawah 120 derajat Celcius.

Agar makin menarik dan nikmat biasanya masyarakat setempat menaburinya dengan kenari atau kacang.

Di setiap sudut toko oleh-oleh di Sulawesi utara, Anda akan menemukan toko yang saat ini menjual dodol amurang.

Jadi pastikan untuk membawanya sebagai sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah ya!

 

  1. Tinoransak

Tinoransak Ikan Khas Sulawesi Utara

Tinoransak merupakan makanan khas manado yang terbuat dari daging hangat, dengan rasa pedas yang menggunakan bunbu campuran rempah-rempah.

Makanan ini dapat ditemukan di daerah Manado atau di restoran di Manado.

Untuk saat ini, bahan utamanya adalah berbagai daging, termasuk ayam.

Dari luar, hampir mirip dengan hidangan padang karena menggunakan banyak merica bubuk dan lada hijau.

Rasa pedas cocok dengan lidah orang-orang di sekitar Sulawesi Utara, yang terkenal dengan pecinta makanan pedas mereka.

Baca juga kuliner makanan khas sulawesi barat yang wajib dicoba

Itulah bebebrapa informasi singkat tentang makanan khas sulawesi utara beserta oleh-oleh khas yangbisa kamu bawa pulang.

Pastikan kamu catat dan masukkan ke dalam bucketlist untuk liburan ya!

Tinggalkan komentar