Rekomendasi Makanan Nusa Tenggara Barat yang Wajib dicoba

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat atau sering disebut NTB adalah salah satu provinsi di Indonesia yang berada di bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Kepulauan Nusa Tenggara dibagi menjadi dua yaitu Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. 

Nusa Tenggara memiliki daya tarik alam yang sangat mempesona serta memanjakan mata bagi para pecinta alam. Bahkan Pulau Lombok terpilih sebagai tanah paling indah dari Rough Gides.

Selain memiliki alam yang indah, NTB juga memiliki makanan khas yang wajib kamu coba saat kamu berkunjung kesana.

Untuk kalian bagi para penggemar kuliner, maka syarat yang wajib di jajal untuk mencicipi kuliner ter enak di NTB 

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat Ayam Taliwang

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Makanan khas dari NTB yang populer bagi para wisatawan adalah Ayam Taliwang yang menjadi pusat ikon kuliner daerah Lombok.  

Masyarakat Karang Taliwang mengolah ayam kampung muda yang dibumbui dengan cabai merah kering, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, garam, bawang merah dan putih serta bumbu lainnya kemudian disebut dengan ayam taliwang.

Masakan ayam taliwang ini adalah kuliner yang pertama kali dikenalkan oleh masyarakat Taliwang pada masa perang antar kerajaan Selaparang dengan kerajaan Karangasem Bali.

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat Sayur Ares

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Makanan khas NTB selanjutnya cukup unik karena terbuat dari batang pohon pisang yang masih muda. 

Cara mendapatkan bagian dalam pelepah pisang yang masih muda dengan mengupas lapisan terluar sampai menemukan bagian dalam yang berwarna putih.

Sejarah mengatakan, ketika Pulau Lombok mengalami kekeringan hebat dan pohon menjadi salah satu tanaman yang bertahan dan dapat dinikmati sehingga terciptalah sayur yang nikmat. 

Selain enak dan unik sayur ares ini memiliki banyak manfaat seperti memiliki kandungan nutrisi dan serat yang berlimpah, sayur yang cocok untuk penderita diabetes.

Nasi Balap Puyung

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Nasi balap kalau dilihat sama seperti nasi bungkus pada umumnya, hanya bumbu yang akan membedakannya dengan nasi bungkus yang lain. Ada bumbu-bumbu rahasia sehingga ketika lidah merasakannya hanya ada sensasi tersendiri yang tercipta dan dimiliki oleh nasi balap khas NTB.

Teman untuk memakan nasi balap biasanya ayam suwir, serundeng atau parutan kelapa yang digoreng atau bisa diganti dengan abon sapi, sayur kacang panjang, satu potong ayam goreng kampung. 

Nasi Balap puyung adalah yang paling terkenal di NTB. Nama balap diambil dari cara pembuatannya yang cepat sehingga orang lombok disebut dengan Nasi Balap. Sedangkan nama puyung diambil dari salah satu daerah yang ada di kabupaten Lombok.

Sate Pusut

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Sate pusut tak berbeda jauh dengan sate yang biasanya menggunakan bahan daging sapi pada umumnya. Daging yang digiling kemudian dipadatkan ke dalam tusuk bambu sebelum dibakar dan dibumbui dengan santan, daun jeruk, jeruk nipis, gula, garam, cabe, terasi, dan bawang putih.

Sate pusut sangat cocok dipadukan dengan plecing kangkung saat memakannya atau hanya dijadikan sebagai cemilan tidak akan mengurangi kenikmatan sate pusut itu sendiri.  

Jaje Tunjak Lapis Poteng

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Makanan atau cemilan khas Lombok yang satu ini biasa dan selalu hadir saat lebaran atau hari besar seperti Maulid Nabi, pernikahan atau saat menerima tamu kehormatan.

Jaje tunjak lapis poteng atau kue tumpuk tapai ini terbuat dari ketan yang dicampur dengan parutan kelapa yang dikukus lalu ditambah garam, dan tape ketan yang digabung dengan perasan daun segar.

Teman untuk memakan jaje tunjak lapis poteng ini cocok dengan minum ki atau teh.

Masyarakat Lombok mempercayai yang membuat makanan ini tidak boleh sembarang orang dan harus dalam keadaan suci atau tidak dalam kondisi haid. hal ini dilakukan agar tidak merusak hasil akhir poteng, serta penaburan ragi dilakukan setelah usai melakukan salat atau dalam kondisi masih suci/berwudhu.

Kelaq Lebui

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Kelaq lebui jenis makan kacang-kacangan atau kedelai hitam yang biasa disebut lebui 

Lebui dimasak bersama cabai rawit, garam, terasi bawang merah, bawang putih, tomat dan penyedap rasa. Untuk aroma dari sayur kelaq lebui sendiri beraroma harum karena ada tambahan kemangi di dalamnya.

Sayur yang memiliki warna hitam dan rasa asam pedas sedikit cocok jika dimakan dengan nasi putih yang hangat dan ditemani ikan tongkol goreng serta kerupuk kulit khas Lombok 

Dodol Rumput Laut

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Oleh-oleh dari NTB ini berbeda dengan dodol yang lain, tentu karena bahan utamanya yaitu rumput laut. Rumput laut yang digunakan adalah jenis Eucheuma cottonii, berwarna coklat sedikit agak bening dan kenyal karena kandungan karagenannya.

Banyak manfaat yang didapatkan dari dodol rumput laut salah satunya adalah diet fiber atau serat diet. Serat makanan adalah makanan nabati yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan manusia. 

Bahan-bahan yang digunakan selain rumput laut kering adalah gula, garam, dan air perasan jahe atau bisa ditambah dengan santan kelapa dan vanili.

Bebalung

Bebalung » Budaya Indonesia

Sup Bebalung atau biasa disebut Bebalung. Bebalung sendiri memiliki arti “tenaga” dalam Bahasa Sasak. Dengan mengkonsumsi sup bebalung masyarakat Sasak percaya merekan akan menjadi lebih bertenaga dan menumbuhkan vitalitas.

Hidangan khas Lombok Nusa Tenggara Barat yang merupakan olahan daging iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu-bumbu yang terdiri dari cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabainya memiliki khas tersendiri

Lalu bahan tadi ditambah kuah yang cenderung cair dan jernih serta memiliki rasa yang gurih dan sedikit asam. Masyarakat Sasak menyebut racikan bumbu seperti ini dengan ragi rajang.

Beberuk Terung

makanan khas lombok

Makanan khas yang satu ini sangat mudah diolah dan bisa menjadi teman untuk memakan Ayam Taliwang sebagai lalapan. Terong dan kacang panjang yang dipotong-potong kemudian dicampur dengan sambal tomat pedas yang menghasilkan rasa pedas, manis, asam dan segar.

Tidak harus digunakan untuk menjadi lalapan beberuk terung juga cocok dimakan bersama nasi anget untuk sarapan pagi atau makan siang.

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat Nagasari

makanan khas nusa tenggara barat

Jajanan khas Lombok ini menjadi favorit semua orang untuk acara-acara besar, seperti lebaran dan pernikahan. Terbuat dari bahan tepung beras yang dikukus dengan isian pisang raja serta dilapisi dengan daun pisan di bagian luar. Nagasari ini cocok untuk dimakan oleh semua kalangan.

Jajan ini sangat mudah ditemui di pasar-pasar tradisional. Nagasari sangat populer di kalangan masyarakat karena telah turun-temurun sejak zaman dulu.

Dengan rasa manis dan lembut di lidah yang dibuat dari bahan-bahan diatas menjadikan Nagasari cocok untuk hidangan penutup. 

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat Pelahan Manuko

makanan khas nusa tenggara barat

Perlahan manuk adalah makanan yang tidak boleh dilewatkan saat datang ke lombok. dalam bahasa sasak perlahan-lahan berarti sayuran santan da manuk berarti ayam.

Rasa pedas berpadu dengan gurih yang berasal dari santan yang berbeda dari ayam pelahan dari Pulau Bali.

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat Cerorot

Cerorot" Makanan Suku Sasak, Unik dan Lezat

Kue Cerorot merupakan kue tradisional khas Suku Sasak yang berada di Pulau Lombok. Cemilan manis ini memiliki bentuk yang unik seperti mata bor yang dililit oleh daun janur dan dimasak dengan cara dikukus. 

Selain bentuk, ada cara memakan kue ini juga berbeda dari yang lain karena pembungkusan daun janur. jangan membuka daun janur yang membungkus kue karena tekstur kue yang lengket justru akan menempel di tangan.

Cara memakannya dengan memegang bagian bawah kerucut dan memecet secara perlahan pada bagian bawah kue, sehingga bagian atas kue akan siap untuk dimakan.

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat Kelaq Kelor

Kelaq, sayur khas Lombok

Selain untuk memandikan mayat daun kelor juga bisa digunakan untuk makanan contohnya adalah makanan khas Lombok yang satu ini. Kelaq Kelor ini dimasak dengan daun kelor dan sayur-sayuran hijau yang dimasak dengan kuah bening.

karena daun kelor memiliki banyak antioksidan pembersih toksin pada tubuh, itulah ibu hamil dan menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi kelor.Selain memiliki antioksidan yang tinggi juga bagus untuk proses pertumbuhan anak.

Kelaq kelor cocok dimakan saat sarapan bersama nasi yang masih hangat.

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat Sate Rembige

Resep Sate Rembiga Khas Lombok - Masak Apa Hari Ini?

Sate Rambige memiliki rasa yang tajam pada bumbunya, dan mengeluarkan aroma yang sangat menggoda saat dibakar. Perpaduan rasa manis dan pedas pada bumbu yang langsung menyerbu lidah saat dimakan. 

Bumbunya terbuat dari campuran cabai, bawang putih, gula, merah, terasi, garam yang dihaluskan hingga tercampur sempurna lalu dibalurkan ke permukaan daging sapi setelah itu didiamkan 30 menit.

Teman yang cocok untuk disandingkan dengan Sate Rembige biasnya adalah lontong. Lontong yang berada di Lombong dengan lontong, bentuknya cukup unik dan berbeda menyerupai kerucut yang dibungkus dengan daun pisang.

Sate uniknya bisa bertahan di luar ruangan selama 2 hari dan jika berada di kulkas sate asal Lombok ini bisa bertahan seminggu. Wah cocok nih untuk oleh-oleh.

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat Sate Bulayak

Sate Bulayak, Antara Cita Rasa dan Keagungan Budaya – Kabupaten Lombok Barat

Makanan khas Lombok selanjutnya adalah Sate Bulayak. Nama Bulayak sendiri diambil dari bentuk ketupatnya yang berbentuk bulat panjang dan dibungkus lilitan daun kelapa, atau sagu kemudian potongan bambu. 

Daun kelapa yang dililit dengan pola spiral bertujuan agar saat dibuka, terbuka terbuka sehingga memudahkan memakannya.

Ukuran lontong pada bulayak dengan lontong pada umumnya, hanya lebih panjang sekitar 10 sentimeter berbeda.

Tekstur pada lontong yang di balut daun arem memiliki aroma yang berbeda dan khas tersendiri menjadikan lontong ini terasa unik dan berbeda.

Bumbu yang disajikan pu berbeda dengan bumbu kacang pada sate biasanya. Bumbunya terbuat dari kacang yang sudah disangrai lalu ditumbuk hingga halus. 

Kacang sudah halus dan bumbu lain digoreng seperti ketumbar, jintan, bawang merah bawang putih lengkuas terasi serta cabai. 

Setelah itu bersama santan dan bumbu menghasilkan warna kuning pucat kemerah-merahan dan menghasilkan rasa pedas . Selintas rasanya seperti kari yang nikmat ditambah dengan jeruk dan irisan cabe rawit yang disajikan dalam satu piring. 

 

Beberapa saran makanan khas dari Nusa Tenggara Barat yang sangat menggoda dan wajib kamu coba saat kamu berlibur atau berkunjung ke sana. Keunikan rasa yang didapat dari kuliner khas lombok memang tidak bisa diragukan. 

Jangan sia-siakan untuk mendapatkan, karena keunikan bumbu dan masakannya dari Nusa Tenggara Barat yang berbeda dengan yang lain.

Buat kamu yang penasaran tentang rekomendasi makanan khas dari daerah lain silahkan kunjungi web kami. 

Baca juga makanan khas suku sunda yang wajib di coba

Selamat mencoba dan selamat menikmati, terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa :).

Tinggalkan komentar